Minggu, 08 April 2012

Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi (Standard Bidding Document) sesuai Per.Men. PU No. 7/2011.


Setelah LKPP mengeluarkan Standard Bidding Document (SBD) yang didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010, pada tanggal 31 Mei 2011 Kementerian Pekerjaan Umum juga mengeluarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PermenPU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi.
Permen PU ini berisi SBD khusus untuk pekerjaan konstruksi dan jasa konsultansi konstruksi dengan tetap berpedoman pada SBD yang telah dikeluarkan oleh LKPP, sehingga dapat disimpulkan bahwa SBD ini merupakan SBD yang lebih lengkap dibandingkan SBD LKPP untuk pekerjaan konstruksi. SBD ini juga dilengkapi dengan pedoman evaluasi dokumen penawaran sehingga akan mempermudah ULP untuk melaksanakan evaluasi terhadap dokumen penawaran penyedia. Selain itu, juga terdapat contoh berita acara yang dibutuhkan dalam proses pelelangan.
Dari sisi penyedia juga akan dimudahkan karena akan memahami hal-hal apa saja yang dievaluasi dalam sebuah proses pelelangan.
Satu yang mengganjal adalah, format yang ada pada web Pekerjaan Umum masih berbentuk PDF sehingga mempersulit ULP/Panitia untuk menyusun dokumen karena harus mengubah terlebih dahulu ke dalam format word.
Untuk mempermudah ULP/Panitia Pengadaan, silakan mengunduh SBD menurut Permen PU Nomor 7 Tahun 2011 dalam bentuk Word berikut ini.
Apabila hendak mengunduh secara terpisah dan disesuaikan dengan kebutuhan, maka silakan mengklik tautan dibawah ini :

Pekerjaan Konstruksi Pascakualifikasi Satu Sampul Sistem Gugur Kontrak Harga Satuan
Pekerjaan Konstruksi Pascakualifikasi Satu Sampul Sistem Gugur Kontrak Lumpsum
Pekerjaan Konstruksi Pascakualifikasi Satu Sampul Sistem Gugur Kontrak Gabungan Lumpsum dan Harga Satuan
Pekerjaan Konstruksi Prakualifikasi Satu Sampul Sistem Gugur Kontrak Harga Satuan
Pekerjaan Konstruksi Prakualifikasi Dua Tahap Sistem Nilai Kontrak Lumpsum
Pekerjaan Konstruksi Prakualifikasi Satu Sampul Sistem Gugur Kontrak Harga Satuan
Dokumen Kualifikasi dan Pedoman Penyusunan Dokumen Pelelangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar